Kepemimpinan Guru Dalam Mengelola Kelas


Tiga fungsi kepemimpinan dlm mengajar:
  1. Perencanaan.
  2. Pengelolaan kelas.
  3. Penilaian kemampuan belajar siswa.

Di masa lalu, mengajar dilakukan oleh para pemuda yang sedang menantikan pekerjaan lain, atau oleh para pemudi yang sedang menunggu pernikahan.
Sebagian besar masyarakat lebih mengarahkan perhatiannya pada tingkah laku dan moral guru daripada hasil kinerja mengajarnya.


Masyarakat menuntut guru sebagai model moral yang baik bagi siswa-siswanya dan tidak mengharuskan bertanggung jawab terhadap keberhasilan belajar siswa-siswanya dan tidak memberi guru status profesional.

Di masa kini (masyarakat industri di abad ke-20 dan ke­21),
masih bertanggung jawab dari segi tingkah laku dan moral, sekarang guru dipandang juga sebagai tenaga profesional dan diharapkan dapat menguasai sejumlah besar dasar pengetahu-an yang meliputi materi yang diajarkan, dan metode yang mereka gunakan untuk mengajar materi itu, dan siswa-siswa kepada siapa materi itu diajarkan.
Dapat mempertanggungjawabkan metode mengajar yang digunakan adalah metode yang efektif seperti halnya yang ditunjukkan pada anggota profesi yang lain, yang harus bertanggungjawab terhadap praktek terbaik di bidang profesinya.

KEBERHASILAN PEMBELAJARAN

“Sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengaplikasikan keterampilan-keterampilan pembelajaran yang mencakup kegiatan perencanaan yang dikembangkan, struktur dan fokus serta pengelolaan pembelajaran”

GURU YANG EFEKTIF
Guru efektif adalah orang-orang yang dapat menjalin hubungan yang simpatik dengan para siswa dan menciptakan lingkungan kelas yang mengasuh dan penuh perhatian.
Guru efektif adalah seseorang yang memiliki suatu rasa cinta terhadap belajar dan menguasai sepenuhnya bidang studi nya.
Guru efektif adalah seorang individu yang dapat memotivasi siswaa untuk bekerja tidak sekedar mencapai suatu prestasi lebih namun juga menjadi anggota masyarakat yang pengasih.
Pengajaran efektif memerlukan individu-­individu yang peduli terhadap anak muda, yang secara akademik mampu, dan yang memiliki penguasaan kuat bidang studi yang diajarkan.

SIFAT-SIFAT GURU YANG BERHASIL (Arends, 1997).

Memiliki kualitas pribadi yang memungkinkan ia mengembangkan hubungan kemanusiaan yang tulus dengan para siswanya, orang tua siswa, dan dengan kolega-koleganya.
Mempunyai sikap yang positif terhadap ilmu pengetahuan. Mereka menguasai dasar­-dasar pengetahuan tentang belajar dan mengajar; menguasai ilmu pengetahuan yang akan diajarkan, menguasai pengetahuan tentang perkembangan manusia dan cara belajar, dari menguasai pengajaran dan pengelolaan kelas.

CIRI-CIRI GURU YANG EFEKTIF
Mampu menentukan strategi yang dipakai sehingga siswa dapat belajar dengan baik
Memudahkan siswa mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan cara hidup yang serasi dengan sesama
Guru memiliki keterampilan profesional dan mampu mengejawantahkan keterampilannya secara konsisten
Keterampilan guru dapat dinilai dan akui oleh orang yang berkompeten penilik sekolah, tutor, guru pemandu mata pelajaran atau bahkan murid-murid sendiri.
(Wragg)


0 komentar:

Posting Komentar

3PAI4. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Free Website templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates